RPP Hukum Utama Hidrostatis

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : Hukum Utama Hidrostatis

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 2  JP ( 1 X Pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.3   Menerapkan hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan sehari-hari

·   Mengidentifikasi penerapan fluida dalam kehidupan sehari-hari

·   Menyimpulkan konsep hukum Utama

4.3   Merancang dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Merancang percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Membuat laporan hasil percobaan

·   Mempresentasikan penerapan hukum-hukum fluida statik

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Saintifik, peserta didik diharapkan dapat: Mengidentifikasi penerapan fluida dalam kehidupan sehari-hari

B.      Materi Pembelajaran

•Hukum utama hidrostatis

C.       Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

D.     Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

E.      Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2.    Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3.    Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4.    Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

1. Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi Hukum utama hidrostatis(literasi)

2. Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut(critical thingking)

3. Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukarinformasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

4. Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

5.    Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

 

G.      Penilaian :

  1. Sikap                                     :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)
  2. Pengetahuan                     : tes tertulis/penugasan
  3. Keterampilan                    : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

Ujung,08 juli  2022

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.,S

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           :Tekanan Hidrostatis

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 2  JP ( 1 X Pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.3   Menerapkan hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan sehari-hari

·   Menyimpulkan konsep tekanan hidrostatis

 

4.3   Merancang dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Merancang percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Membuat laporan hasil percobaan

·   Mempresentasikan penerapan hukum-hukum fluida statik

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Saintifik, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menyimpulkan konsep tekanan hidrostatis

B.      Materi Pembelajaran

Fluida statis

•Tekanan Hidrostatis

C.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

D.     Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

E.      Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2. Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3. Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4. Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

5. Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi Tekanan viskositas(literasi)

6. Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut(critical thingking)

7. Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukarinformasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

8. Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

9. Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

 

G.      Penilaian :

·         Sikap                                           :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)

·         Pengetahuan                            : tes tertulis/penugasan

·         Keterampilan                          : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

 

Ujung,08 juli  2022

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : Hukum Pascal

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 4  JP ( 2 X Pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.3   Menerapkan hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan sehari-hari

·   Menyimpulkan konsep hukum Pascal

4.3   Merancang dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Merancang percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Membuat laporan hasil percobaan

·   Mempresentasikan penerapan hukum-hukum fluida statik

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Saintifik, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menyimpulkan konsep hukum Pascal

·         Merancang percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

B.      Materi Pembelajaran

•Hukum Pascal

C.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

D.     Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

E.      Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1.     Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2.    Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3.    Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4.    Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

5.    Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi Hukum Pascal (literasi)

6.    Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut(critical thingking)

7.    Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukarinformasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

8.    Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

9.    Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

 

 

G.      Penilaian :

·         Sikap                                  :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)

·         Pengetahuan                  : tes tertulis/penugasan

·         Keterampilan                 : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

Ujung,08 juli  2022

,                                                                                                        Guru Mata Pelajaran,

 

 

                                                                                                     Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : Hukum Archimedes

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 4  JP ( 2 X Pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.3   Menerapkan hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan sehari-hari

·   Menyimpulkan konsep prinsip hukum Archimedes

4.3   Merancang dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Merancang percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Membuat laporan hasil percobaan

·   Mempresentasikan penerapan hukum-hukum fluida statik

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Saintifik, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menyimpulkan konsep prinsip hukum Archimedes

B.      Materi Pembelajaran

•Hukum Archimedes

C.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

D.     Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

E.      Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2.    Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3.    Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4.    Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

5.    Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi Archimedes (literasi)

6.    Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut(critical thingking)

7.    Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukarinformasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

8.    Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

9.    Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

 

 

G.      Penilaian :

·         Sikap                               :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)

·         Pengetahuan                               : tes tertulis/penugasan

·         Keterampilan                              : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

 

Ujung,08 Juli  2022

                                                                                                            Guru Mata Pelajaran,

 

                                                                                                                                               

 

Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : Viskositas

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 2  JP ( 2 X Pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.3   Menerapkan hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan sehari-hari

·   Mengidentifikasi penerapan fluida dalam kehidupan sehari-hari

·   Menyimpulkan konsep Viskositas

4.3   Merancang dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Merancang percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Membuat laporan hasil percobaan

·   Mempresentasikan penerapan hukum-hukum fluida statik

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat: Mengidentifikasi penerapan fluida dalam kehidupan sehari-hari

B.      Materi Pembelajaran

•Meniskus

•Gejala kapilaritas

•Viskositas dan Hukum Stokes

C.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

D.     Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

E.      Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1.       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2.       Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3.       Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4.       Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

5.       Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi viskositas(literasi)

6.       Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut(critical thingking)

7.       Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukarinformasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

8.       Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

9.       Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

 

 

 

G.      Penilaian :

·         Sikap                                             :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)

·         Pengetahuan                             : tes tertulis/penugasan

·         Keterampilan                            : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

 

Ujung, 08 Juli  2022

                                                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

                                                                                                                                        Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Hukum Utama Hidrostatis"

Post a Comment