RPP Dinamika Rotasi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : Momen gaya dan Momen inersia

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 4  JP (2 X Pertemuan)

 

Kompetensi Dasar

Indikator

3.1   Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam olahraga

·   Mendefinisikan momen gaya melalui pengamatan demonstrasi mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda.

·   Memahami penerapan keseimbangan benda titik, benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya,

·   Memahami penerapan konsep momen inersia, dinamika rotasi

4.1   Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan kesetimbangan benda tegar

·   Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan kesetimbangan benda tegar

·   Mempresentasikan hasil percobaan tentang titik berat

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Saintifik, peserta didik diharapkan dapat:

·         Mendefinisikan momen gaya melalui pengamatan demonstrasi mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda.

·         Memahami penerapan keseimbangan benda titik, benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya,

·         Memahami penerapan konsep momen inersia, dinamika rotasi

B.      Materi Pembelajaran

Keseimbangan dan dinamika rotasi:

      Momen gaya dan Momen inersia

C.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

D.     Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

E.      Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2. Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3. Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4. Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

1. Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi Momen inersia dan momen gaya(literasi)

2. Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut(critical thingking)

3. Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukarinformasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

4. Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

5. Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

 

 

A.      Penilaian :

  1. Sikap                                     :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)
  2. Pengetahuan                     : tes tertulis/penugasan
  3. Keterampilan                    : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

 

Ujung, 08 Juli  2022

                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                                                                Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : Kesetimbangan benda Tegar

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 4  JP (2 X Pertemuan)

 

Kompetensi Dasar

Indikator

3.1   Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam olahraga

·   Memahami penerapan keseimbangan benda titik, benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya,

·   Menginterpretasi data dan grafik untuk menentukan karakteristik keseimbangan benda tegar

4.1   Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan kesetimbangan benda tegar

·   Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan kesetimbangan benda tegar

·   Mempresentasikan hasil percobaan tentang titik berat

 

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Saintifik, peserta didik diharapkan dapat:  Menginterpretasi data dan grafik untuk menentukan karakteristik keseimbangan benda tegar,Membuat karya yang menerapkan konsep kesetimbangan benda tegar

 

B.      Materi Pembelajaran

Keseimbangan dan dinamika rotasi:

      Keseimbangan benda tegar

 

C.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

 

D.     Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

E.      Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

 

F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1.       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2.       Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3.       Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4.       Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

5.       Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi kesetimbangan benda tegar (literasi)

6.       Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut(critical thingking)

7.       Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukarinformasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

8.       Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

9.       Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

 

G.      Penilaian :

a.       Sikap                                     :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)

b.       Pengetahuan                     : tes tertulis/penugasan

c.        Keterampilan                    : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

 

Ujung,08 Juli  2022

                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

                                                                                                                                   Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : TitikBerat

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 2  JP ( 1 X Pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.1   Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam olahraga

·   Memahami penerapan titikberat

 

4.1   Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan kesetimbangan benda tegar

·   Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan kesetimbangan benda tegar

·   Mempresentasikan hasil percobaan tentang titik berat

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Saintifik, peserta didik diharapkan dapat:

·         Memahami penerapan titik berat

·         Menginterpretasi data dan grafik untuk menentukan karakteristik keseimbangan benda tegar

·         Mempresentasikan hasil percobaan tentang titik berat

·         Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan kesetimbangan benda tegar

B.      Materi Pembelajaran

      Titik berat

C.       Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

D.      Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

E.       Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1.       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2.       Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3.       Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4.       Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

5.       Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi Titik Berat (literasi)

6.       Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut(critical thingking)

7.       Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukarinformasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

8.       Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

9.       Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

 

 

G.      Penilaian :

  1. Sikap                                     :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)
  2. Pengetahuan                     : tes tertulis/penugasan
  3. Keterampilan                    : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

 

Ujung, 08 Juli   2022

                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

                                                                                                                                                Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : Hukum Kekekalan momentum sudut

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 2  JP ( 1 X Pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.1   Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam olahraga

·   Memahami penerapan Hukum Kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi

 

4.1   Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan kesetimbangan benda tegar

·   Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan kesetimbangan benda tegar

·   Mempresentasikan hasil percobaan tentang titik berat

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Saintifik, peserta didik diharapkan dapat:

·         Memahami penerapan Hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi

B.      Materi Pembelajaran

Keseimbangan dan dinamika rotasi:

      Hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi

C.       Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

D.      Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

E.       Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1.       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2.       Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3.       Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4.       Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

5.       Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi Hukum kekekalan momentum sudut(literasi)

6.       Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut(critical thingking)

7.       Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukarinformasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

8.       Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

9.       Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

 

 

G.      Penilaian :

  1. Sikap                                     :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)
  2. Pengetahuan                     : tes tertulis/penugasan
  3. Keterampilan                    : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

Ujung,08 juli  2022

                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                                                                                                                                                Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Dinamika Rotasi"

Post a Comment