RPP Fluida Dinamis

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : Persamaan Kontinuitas dan Bernoulli

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 8  JP ( 4 x pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.4   Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi

·   Menemukan persamaan kontinuitas melalui berbagai sumber

·   Menemukan persamaan hukum Bernoulli  melalui berbagai sumber

·   Menjelaskan kaitan antara kecepatan aliran dengan luas penampang,

·   Menjelaskan hubungan antara kecepatan aliran dengan tekanan fluida

·   Menjelaskan penyelesaian masalah terkait penerapan azas kontinuitas dan azas Bernoulli

4.4   Membuat dan menguji proyek sederhana yang menerapkan prinsip dinamika fluida

·   Membuat ilustrasi tiruan aplikasi Azas Bernoulli (alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat) secara berkelompok

·   Mempresentasikan laporan hasil produk tiruan aplikasi azas Bernoulli

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Mengidentifikasi penerapan fluida dalam kehidupan sehari-hari

·         Menemukan persamaan kontinuitas melalui berbagai sumber

·         Menemukan persamaan hukum Bernoulli  melalui berbagai sumber

·         Menjelaskan kaitan antara kecepatan aliran dengan luas penampang,

·         Menjelaskan hubungan antara kecepatan aliran dengan tekanan fluida

B.      Materi Pembelajaran

Persamaan Kontinuitas

Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

C.      Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

D.     Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

E.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1.       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2.       Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3.       Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4.       Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

5.       Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi Persamaan kontinutas dan Bernoulli(literasi)

6.       Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut(critical thingking)

7.       Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukarinformasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

8.       Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

9.       Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

 

F.       Penilaian :

·         Sikap                                             :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)

·         Pengetahuan                             : tes tertulis/penugasan

·         Keterampilan                            : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

 

Ujung,08 Juli  2022

                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

                                                                                                                                                Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : Penerapan Asas Bernoulli

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 6  JP ( 4  X Pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.4   Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi

·   Menjelaskan penyelesaian masalah terkait penerapan azas kontinuitas dan azas Bernoulli

4.4   Membuat dan menguji proyek sederhana yang menerapkan prinsip dinamika fluida

·   Membuat ilustrasi tiruan aplikasi Azas Bernoulli (alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat) secara berkelompok

·   Mempresentasikan laporan hasil produk tiruan aplikasi azas Bernoulli

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran,peserta didik diharapkan dapat: Mengidentifikasi penerapan fluida dalam kehidupan sehari-hari

·         Menjelaskan penyelesaian masalah terkait penerapan azas kontinuitas dan azas Bernoulli

·         Membuat ilustrasi tiruan aplikasi Azas Bernoulli (alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat) secara berkelompok

·         Mempresentasikan laporan hasil produk tiruan aplikasi azas Bernoulli

B.      Materi Pembelajaran

Persamaan Kontinuitas

Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

C.      Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

D.     Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

E.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1.       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2.       Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3.       Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4.       Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

5.       Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi fluida dinamis(literasi)

6.       Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut(critical thingking)

7.       Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukarinformasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

8.       Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

9.       Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan(creativity)

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

 

 

F.       Penilaian :

·         Sikap                                             :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)

·         Pengetahuan                             : tes tertulis/penugasan

·         Keterampilan                            : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

 

Ujung,08 juli  2022

                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

                                                                                                                                                Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Fluida Dinamis"

Post a Comment