RPP Elastisitas dan Hukum Hooke

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : Hukum Hooke

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 4  JP ( 2 X Pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.2   Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari

·   Mengidentifikasi sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari

·   Memahami pengaruh gaya terhadap perubahan panjang pegas/karet

·   Mengolah data dan menganalisis hasil percobaan ke dalam grafik

·   Menentukan persamaan

4.2   Melakukan percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Melakukan percobaan hukum Hooke dengan menggunakan pegas/karet, mistar, beban gantung, dan statif secara berkelompok

·   Membuat laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Saintifik, peserta didik diharapkan dapat:

·         Mengidentifikasi sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari

·         Memahami pengaruh gaya terhadap perubahan panjang pegas/karet

·         Mengolah data dan menganalisis hasil percobaan ke dalam grafik

·         Menentukan persamaan

B.      Materi Pembelajaran

·         Hukum Hooke

C.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran : Pembelajaran Saintifik

Metode                        : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

D.     Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

E.      Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2.    Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3.    Memyampaikan materi yang akan di pelajari, metode yang akan di tempuh, Tujuan pembelajaran yang akan di capai

4.    Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan materi sebelumnya.

Kegiatan Inti

·   Peserta didik membagi kelompok terdiri dari 4-5 orang.

·   Peserta didik diminta untuk mengumpulkan materi(makalah) yang telah dibagikan/kelompok.

·   Peserta didik memperhatikan penjelasan materi  Hukum Hooke ( mengamati)

·   Guru memotivasi peserta didik/Memberikan Kesempatan Kepada setiap kelompok untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampaikepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materinya (Pemantulan)(menanya)

·   Pesertadidik, mengumpulkan informasi, dari buku atau lingkungan sekitar(mengumpulkan informasi)

·   masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang makalah

·   Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.

·   Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik ( mengasosiasikan)

·   Setiap kelompok menyajikan secara tertulis atas pertanyaan yang telah di diskusikan

·   Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.(mengkomunikasikan)

Penutup

·           Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

·           Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

G.      Penilaian :

  1. Sikap                                     :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)
  2. Pengetahuan                     : tes tertulis/penugasan
  3. Keterampilan                    : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

 

Ujung,08 Juli  2022

                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

                                                                                                                                                Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : Susunan pegas seri-paralel

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 4  JP ( 2 X Pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.2   Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari

·   Membandingkan hasil percobaan dengan bahan pegas/karet yang berbeda, perumusan  tetapan pegas susunan seri-paralel

4.2   Melakukan percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Melakukan percobaan hukum Hooke dengan menggunakan pegas/karet, mistar, beban gantung, dan statif secara berkelompok

·   Membuat laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Saintifik, peserta didik diharapkan dapat:

·         Membandingkan hasil percobaan dengan bahan pegas/karet yang berbeda, perumusan  tetapan pegas susunan seri-paralel

·         Melakukan percobaan hukum Hooke dengan menggunakan pegas/karet, mistar, beban gantung, dan statif secara berkelompok

B.      Materi Pembelajaran

      Susunan pegas seri paralel

C.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

D.     Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

E.      Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1.       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2.       Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3.       Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4.       Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

5.       Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi Susunan pegas seri paralel(literasi)

6.       Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut(critical thingking)

7.       Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukarinformasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

8.       Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

9.       Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

 

A.      Penilaian :

  1. Sikap                                     :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)
  2. Pengetahuan                     : tes tertulis/penugasan
  3. Keterampilan                    : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

Ujung,08 juli  2022

                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

                                                                                                                                                Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                         : Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung- Bone

Mata Pelajaran                                 : Fisika

Materi Pokok/Sub Materi           : Modulus Young, Energi Potensial Pegas

Kelas/Semester                               : XI / Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 2  JP ( 2 X Pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

3.2   Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari

·   Menentukan tegangan, regangan, modulus young, dan energi potensial pegas

4.2   Melakukan percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

·   Melakukan percobaan hukum Hooke dengan menggunakan pegas/karet, mistar, beban gantung, dan statif secara berkelompok

·   Membuat laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya

A.      Tujuan Pembelajaran :

Setelah Mengikuti proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Saintifik, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menentukan tegangan, regangan, modulus young, dan energi potensial pegas

B.      Materi Pembelajaran

      Modulus young

·         Energi potensial pegas

 

C.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran     : Discovery Learning

Metode                                 : Tanya jawab, wawancara, diskusi klasikal

D.     Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

Alat/Bahan :

·         spidol, papan tulis

E.      Sumber Belajar

·         Buku Fisika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

·          BANK SOAL FISIKA I,II dan III

 

F.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Aktivitas Pemebelajaran

Pendahuluan

 

 

 

1.       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.

2.       Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin

3.       Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta  didik dengan materi yang akan dibahas

4.       Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari materinya

Kegiatan Inti

5.       Peserta didik diminta untuk memahami mater, berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang berhubungan dengan materi Tegangan, regangan, modulus young, dan energi potensial pegas (literasi)

6.       Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi tersebut (critical thingking)

7.       Peserta didik, mengumpulkan informasi, , dan saling bertukar informasi dengan peserta didik lainnya berkaitan materinya.(collaboration)

8.       Peserta didik mengerjakan soal latihan bekerja sama dengan peserta didik yang lain (communication)

9.       Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil jawaban dari pertanyaan yang di berikan

Penutup

Ø  Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan. Dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

Ø  Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

G.      Penilaian :

  1. Sikap                                     :  Sosial &Relijgi (pengamatan dan observasi)
  2. Pengetahuan                     : tes tertulis/penugasan
  3. Keterampilan                    : unjuk kerja( lembar unjuk kerja)

Ujung,08 juli  2022

                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

                                                                                                                                                Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Elastisitas dan Hukum Hooke"

Post a Comment