MODUL AJAR GELOMBANG MEKANIK

MODUL AJAR

A.      Identitas Modul

Nama Penyusun               : Awal Asri Jaya Sumardi, S.Pd.

Institusi                            : MA Al-Ikhlas Ujung Bone

Tahundisusun                   : 2023

Jenjang                             : SMA/MA

Kelas                                : XI

Alokasi Waktu                 : 2 Jam Pelajaran

 

B.      Kompetensi Awal           

Mengetahui contoh gelombang

 

C.      Profil Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis

Bergotong royong

Kritis

 

D.      Sarana dan Prasarana

Laptop, lcd, lkpm, internet, video, buku

Target Peserta Didik

Peserta didik regular/tipikal 

Model pembelajaran

PBL

 

KOMPONEN INTI

A.      Tujuan Pembelejaran

Setelah Mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat memahami gelombang transversal

B.      Pemahaman Bermakna

Setelah mempelajari topik ini, murid dapat memahami gelombang transversal serta contohnya dalam kehidupan sehari-hari

C.      Pertanyaan Pemantik

1.       Apakah itu gelombang

2.       Sebutkan contoh-contoh gelombang dalam kehidupan sehari-hari

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

  1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.
  2. Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin
  3. Memyampaikan materi yang akan di pelajari, metode yang akan di tempuh, Tujuan pembelajaran yang akan di capai
  4. Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan materi sebelumnya.


Kegiatan Inti

Fase 1. Orientasi murid pada masalah

Peserta didik memperhatikan penjelasan materi Ciri ciri Gelombang Mekanik (Pemantulan) ( mengamati)

            Fase 2. Mengorganisasikan murid untuk belajar

Guru memotivasi peserta didik/Memberikan Kesempatan Kepada setiap kelompok untuk Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual sampaikepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Ciri ciri Gelombang Mekanik (Pemantulan)(menanya)

 

            Fase 3. Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok

Pesertadidik, mengumpulkan informasi, dari buku atau lingkungan sekitar(mengumpulkan informasi)

 

            Fase 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

  • Masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang makalah.
  • Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
  • Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik ( mengasosiasikan)

Fase 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

  • Setiap kelompok menyajikan secara tertulis atas pertanyaan yang telah di diskusikan
  • Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.(mengkomunikasikan)

 

Penutup

·         Guru menyampaikan simpulan materi yang telah di ajarkan/disampaikan dan menyampaikan poin-poin penting terkait materi yang telah disampaikan.

·         Guru memberikan apresiasi kepada murid

·         Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.

 

E.    Asesmen

Asesmen Sumatif

1.      Tehnik       : Tertulis

2.      Instrument : Soal Uraian (Lembar Kerja Pembelajaran Murid/LKPM)

F.     Pengayaan dan Remedial

Materi Pengayaan      : Pengayaan diberikan kepada murid melalui tugas mengkaji materi Gelombang mekanik dalm bentuk soal-soal hots

Materi Remedial         : remedial diberikan kepada murid yang membutuhkan bantuan dalam bentuk penugasan, pendampingan khusus.

 

G.    Refleksi Guru dan Murid

Refleksi Guru

1.      Apakah pembelajaran yang telah dilakukan berjalan efektif dan sesuai dengan rencana?

2.      Hal baik apa yang didapatkan dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan?

3.      Apa kendala yang dihadapi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran ini?

4.      Langkah apa yang dilakukan untuk mengatasi atau memperbaiki proses pembelajaran?

5.      Bagaimana tantangan ini dapat mempengaruhi sikap guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran?

6.      Bagaimnan perasaan murid saat mengikuti proses pembelajaran?

7.      Ide apa yang dapat dikembangkan dalam memperbaiki jalannya proses kegiatan pembelajaran?

Refleksi Murid

1.      Apa hal menarik yang kamu pelajari dalam kegiatan pembelajara ini?

2.      Apa yang telah kamu pahami dari proses pembelajaran ini?

3.      Hal apa yang ingin kamu pelajari lebih lanjut setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran pada materi ini?

4.      Bagaimna pengalamanmu Ketika belajar dalam kegiatan berkelompok?

5.      Apa kendala yang kamu hadapi saat kegiatan pembelajaran ini?

6.      Bagaimana cara kamu menghadapi kendala yang dihadapi saat belajar materi ini?

7.      Jika kamu diminta untuk memberikan nilai 1- 10, berapa nilai yang akan kamu berikan pada hasil belajarmu dalam kegiatan pembelajaran ini?

 

LAMPIRAN

 

A.      Lembar kerja pembelajaran murid

1.      Gelombang merambat dari titik P ke titik Q dengan amplitude 4 cm dan periode 0,2 sekon. Jarak PQ = 50 cm. bila cepat rambat gelombang 3 m/s maka pada suatu saat tertentu beda fase antara titik P dan Q adalah . . .

a.       1/6

b.      1/3

c.       1/2

d.      2/3

e.      5/6

 

B.    Bahan Bacaan Guru dan Murid

Buku Referensi yang relevan

C.    Glosarium

Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getar dan arah rambat saling tegak lurus

Amplitudo adalah jarak atau simpangan terjauh dari titik kesetimbangan dalam gelombang

D.    Daftar Pustaka

Edi Wahono, S.Si. 2013. Big Bank Soal+Bahas Fisika untuk SMA/MA Kelas X, XI, XII. Wahyumedia. Jakarta Selatan.

 

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MODUL AJAR GELOMBANG MEKANIK"

Post a Comment