MODUL AJAR GELOMBANG MEKANIK
MODUL AJAR
A. Identitas
Modul
Nama Penyusun : Awal
Asri Jaya Sumardi, S.Pd.
Institusi :
MA Al-Ikhlas Ujung Bone
Tahundisusun :
2023
Jenjang :
SMA/MA
Kelas :
XI
Alokasi Waktu : 2
Jam Pelajaran
B. Kompetensi
Awal
Mengetahui contoh gelombang
C. Profil
Pelajar Pancasila
Bernalar Kritis
Bergotong royong
Kritis
D. Sarana dan
Prasarana
Laptop, lcd, lkpm, internet, video, buku
Target Peserta Didik
Peserta didik regular/tipikal
Model pembelajaran
PBL
KOMPONEN INTI
A. Tujuan
Pembelejaran
Setelah Mengikuti proses pembelajaran,
peserta didik diharapkan dapat memahami gelombang transversal
B. Pemahaman
Bermakna
Setelah
mempelajari topik ini, murid dapat memahami gelombang transversal serta
contohnya dalam kehidupan sehari-hari
C. Pertanyaan
Pemantik
1. Apakah itu
gelombang
2. Sebutkan
contoh-contoh gelombang dalam kehidupan sehari-hari
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdo’a untuk memulai pembelajaran serta membaca surah pendek.
- Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin
- Memyampaikan materi yang akan
di pelajari, metode
yang akan di tempuh, Tujuan pembelajaran yang akan di capai
- Mengaitkan Materi Pembelajaran
yang akan dilakukan dengan materi sebelumnya.
Kegiatan Inti
Fase
1. Orientasi murid pada masalah
Peserta didik memperhatikan penjelasan materi Ciri ciri
Gelombang Mekanik (Pemantulan) ( mengamati)
Fase 2. Mengorganisasikan murid
untuk belajar
Guru memotivasi peserta didik/Memberikan Kesempatan Kepada setiap kelompok untuk Mengidentifikasi materi
yang belum dipahami,
di mulai dari pertanyaan
factual sampaikepertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Ciri ciri
Gelombang Mekanik (Pemantulan)(menanya)
Fase 3. Membimbing Penyelidikan
Individu dan Kelompok
Pesertadidik,
mengumpulkan informasi,
dari buku atau lingkungan sekitar(mengumpulkan
informasi)
Fase 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
- Masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang makalah.
- Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
- Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik ( mengasosiasikan)
Fase 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
- Setiap kelompok menyajikan secara tertulis atas pertanyaan yang telah di diskusikan
- Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.(mengkomunikasikan)
Penutup
·
Guru menyampaikan simpulan
materi yang telah di ajarkan/disampaikan dan menyampaikan poin-poin
penting terkait materi yang telah disampaikan.
·
Guru memberikan apresiasi
kepada murid
·
Guru menyampaikan materi yang
akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.
E. Asesmen
Asesmen Sumatif
1. Tehnik :
Tertulis
2. Instrument :
Soal Uraian (Lembar Kerja Pembelajaran Murid/LKPM)
F. Pengayaan dan Remedial
Materi Pengayaan :
Pengayaan diberikan kepada murid melalui tugas mengkaji materi Gelombang
mekanik dalm bentuk soal-soal hots
Materi
Remedial : remedial diberikan
kepada murid yang membutuhkan bantuan dalam bentuk penugasan, pendampingan
khusus.
G. Refleksi Guru dan Murid
Refleksi Guru
1. Apakah pembelajaran yang telah dilakukan berjalan
efektif dan sesuai dengan rencana?
2. Hal baik apa yang didapatkan dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan?
3. Apa kendala yang dihadapi dalam melaksanakan
kegiatan pembelajaran ini?
4. Langkah apa yang dilakukan untuk mengatasi atau
memperbaiki proses pembelajaran?
5. Bagaimana tantangan ini dapat mempengaruhi sikap
guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran?
6. Bagaimnan perasaan murid saat mengikuti proses
pembelajaran?
7. Ide apa yang dapat dikembangkan dalam memperbaiki
jalannya proses kegiatan pembelajaran?
Refleksi Murid
1. Apa hal menarik yang kamu pelajari dalam kegiatan
pembelajara ini?
2. Apa yang telah kamu pahami dari proses pembelajaran
ini?
3. Hal apa yang ingin kamu pelajari lebih lanjut
setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran pada materi ini?
4. Bagaimna pengalamanmu Ketika belajar dalam kegiatan
berkelompok?
5. Apa kendala yang kamu hadapi saat kegiatan
pembelajaran ini?
6. Bagaimana cara kamu menghadapi kendala yang
dihadapi saat belajar materi ini?
7. Jika kamu diminta untuk memberikan nilai 1- 10,
berapa nilai yang akan kamu berikan pada hasil belajarmu dalam kegiatan
pembelajaran ini?
LAMPIRAN
A. Lembar kerja pembelajaran murid
1. Gelombang merambat dari titik P ke titik Q dengan
amplitude 4 cm dan periode 0,2 sekon. Jarak PQ = 50 cm. bila cepat rambat
gelombang 3 m/s maka pada suatu saat tertentu beda fase antara titik P dan Q
adalah . . .
a. 1/6
b. 1/3
c. 1/2
d. 2/3
e. 5/6
B. Bahan Bacaan Guru dan Murid
Buku Referensi yang relevan
C. Glosarium
Gelombang transversal adalah gelombang yang arah
getar dan arah rambat saling tegak lurus
Amplitudo adalah jarak atau simpangan terjauh dari titik kesetimbangan dalam
gelombang
D. Daftar Pustaka
Edi Wahono, S.Si. 2013. Big Bank
Soal+Bahas Fisika untuk SMA/MA Kelas X, XI, XII. Wahyumedia. Jakarta Selatan.
0 Response to "MODUL AJAR GELOMBANG MEKANIK"
Post a Comment